Bramastana

Inspirasi Bisnis dan Traveling

IT & Gadget

Sudah jaman cloud kok masih bingung hardisk rusak ?

Sebelum kamu membaca postingan saya kali ini, ketikkan amin di kolom komentar jika anda melihat awan berbentuk ikan hiu, sebarkan atau kamu akan didatangi dalam mimpimu.

Oke kembali ke judul, kenapa masih banyak yang pusing ketika hardisk laptopnya tiba-tiba rusak ? aduh skripsiku di sana, tugas-tugasku, semua file projectku, foto-foto mantanku, semua masih ada di sana gimana ya cara ngambaliinnya ?

Kalau kamu tanya itu semua ke saya, jujur saya juga ga tau, hehe. Sebagai seorang yang bekerja di bidang IT sudah pasti punya rencana cadangan atau ada backup sebelumnya jika terjadi hal-hal seperti itu, cara gampangnya backup di HDD eksternal atau flashdisk mungkin, yaa walau itu sebenarnya ribet untuk jaman sekarang. Trus cara yang ga ribetnya gimana ?

Aneka gadget sekarang sudah ada embel-embel smart, dari mulai : HP, Jam tangan, TV, sampai sempak pun sekarang juga sudah ada yang smart. Iya ini serius.

smart sempak

Tetapi masih banyak orang yang kurang memaksimalkan ke smart-an gadget yang mereka punya. Jika kamu pengguna android pastinya sudah ada aplikasi Google Drive disana, HP kamu juga sering melakukan backup otomatis dan disimpan ke Google Drive tentunya. Nah itu dia yang harus kamu maksimalkan.

Layanan cloud backup dan sinkronasi itu perlu kamu pakai agar misalkan terjadi hardisk rusak, laptop hilang, atau laptop kebakarpun. Kamu masih bisa mengaksesnya via website dan file-filemu aman disana. Kamupun tidak usah khawatir jika kamu lupa tidak membawa laptop dan file presentasimu ada di dalamnya, kamu dapat dengan mudah mengakses file tersebut lewat HP mu di Google Drive. Enak bukan ?

Caranya mudah :

  1. Kamu tinggal download Backup & Sync disini

  2. Install di laptopmu

  3. Login dengan akun google yang kamu punya

  4. Dan taruh semua file-file penting di dalamnya seperti ini

    Google drive mac

  5. Tinggalkan beberapa saat dan semua file di dalam google drive akan upload dan sinkron secara otomatis

Perlu diingat bahwa backup and sync membutuhkan koneksi internet, dan jika kamu ingin membackup file-file yang besar seperti film dan lain-lain pastikan koneksi internetmu kencang dan stabil. Tapi tenang file-file yang sudah tersinkronasi di folder google drive laptopmu akan tetap bisa dibuka secara offline kok.

Sebenarnya masih banyak layanan sinkronasi lain seperti Dropbox, Onedrive, iCloud, dll. Hanya saja saya memilih google drive karena free spacenya yang lumayan besar dan gratis hehe. Atau mungkin kamu lebih nyaman dengan layanan lain ? kamu bisa bagikan review kamu dikolom komentar ya guys.

cloud storage
cloud storage

Kemungkinan dimasa depan kamu tidak akan membutuhkan hardisk bergiga-giga bahkan ber tera-tera karena semua sudah kamu titipkan pada layanan cloud. Bahkan kedepan kamu bisa bermain game yang ukurannya bergiga-giga dengan hanya streaming di Googe Stadia atau laptop yang hanya memiliki hardisk 32GB seperti seri laptop chromebook. Yuk kita maksimalkan gadget kita 🙂

Leave A Comment